Selasa, 19 April 2011

Tiga Aspek Ibadah

Ibadah, adalah tujuan utama manusia diciptakan oleh Sang Khalik Allah Azza wajalla Robb semesta alam. ibadah dalam artian yang seluas-luasnya, bukan hanya pada sebatas "ritual peribadatan" seperti sholat, shaum, haji dan ibadah-ibadah lainnya yang biasa disebut dalam ilmu fiqh.

ulama banyak mendefinisikan makna ibadah, tapi semua terangkum dalam definisi ibadah yang disimpulkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, yaitu: Semua nama/istilah  yang disukai dan diridhai oleh Allah, baik perkata'an, perbuatan yang dhahir maupun yang bathin. jadi apapun itu selama disukai dan diridhai oleh Alloh maka itu adalah ibadah.

Berdasarkan pemaparan diatas, ulama mebagi ibadah kedalam tiga aspek.

1. Ibadah dalam arti Tauhid.
  Maksud dari ibadah dalam arti tauhid yaitu sebagaimana penciptaan manusia dan seluruh alam ini tidak lain dan tidak bukan kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wata'ala. Dimana kita harus mewujudkan haq-haq Allah atas kita selaku hamba-Nya. jadi semua gerak-gerik kita, dan diam kita semuanya dalam rangka mentauhidkan Allah (beribadah kepada-Nya).
2. Ibadah dalam arti Khusus atau Nusyuk.
Makna dari aspek yang kedua ini sebagaimana kita ketahui bersama yaitu ibadah dalam arti "ritual ibadah" atau ibadah rutin yang kita kerjakan sehari-hari. yang telah disusun khusus oleh para ulama dalam bab Fiqh ataupun dalam bab ibadah.
3. Ibadah dalam makna umum tapi juga khusus,
apa maksudnya umum juga khusus..? maksudnya adalah seluruh ajaran atau risalah dan sunnah yang dibawa oleh Rasulullah Shalawallah 'Ailaihi Wassalam yaitu Islam itu sendiri. sebagaimana yang ibadah yang didefinisikan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons